Rabu, 16 Januari 2008

BKPM: BUMD Pembeli Saham Newmont Sepenuhnya Milik Pemda

[Republika] - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) M Lutfi berpendapat badan usaha milik (BUMD) yang akan membeli saham PT Newmont Nusa Tenggara (NTT) sepenuhnya dimiliki pemerintah daerah. Hal itu dikatakan Lutfi usai melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak yang terlibat dalam proses divestasi NNT yakni Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Bupati Sumbawa Barat, Bupati Sumbawa, Newmont Indonesia Limited (NIL), NNT, dan PT Newmont Pacific Nusantara (NPN) di Jakarta, Selasa (15/1).

Ia mengatakan, berdasarkan pertemuannya dengan gubernur dan bupati, mereka menyatakan saham BUMD tersebut 100 persen dimiliki pemda. "Jadi, menurut pengertian saya, saham perusahaan daerah itu semuanya dimiliki pemda," katanya.

Meski, lanjutnya, sesuai kontrak karya, saham BUMD bisa saja dimiliki perusahaan swasta. Lutfi juga menambahkan, pihaknya optimistis proses divestasi saham NNT bisa selesai akhir Januari ini. "Kami optimistis persoalan divestasi Newmont selesai Januari ini," katanya.

Menurut dia, proses divestasi saham Newmont ini harus segera diselesaikan karena merupakan amanat kontrak karya. Lutfi juga mengatakan, dalam pertemuan tersebut, gubernur, bupati, dan DPRD menyatakan siap membeli 10 persen saham NNT. "Pembagiannya adalah tiga persen buat Kabupaten Sumbawa Barat dan tujuh persen dibagi lagi ke Kabupaten Sumbawa dan Propinsi NTB yang besarannya masing-masing dirundingkan mereka berdua," katanya.

Tidak ada komentar: